Ads Top

Beberapa Tip Menjaga Kebersihan Tangan Untuk Mahasiswa & Siswi

Tangan adalah organ yang aktif digunakan. Dari hal yang kecil sampai hal yang berat. Seyogyanya, Bagi mahasiswa tangan disadari sebagai satu diantara anugerah terindah dari Tuhan. Olehnya tangan perlu diperhatikan dan dipelihara. Terutama kebersihan tangan sebagai bentuk rasa syukur kita kepada-Nya. Beberapa tip bagaimana menjaga kebersihan tangan dijelaskan sebagai berikut :


·       Rajin Membersihkan Tangan
Tangan harus dibersihkan sesering mungkin. Terutama saat akan mengkomsumsi makanan karenah al ini sangat pentinh diperhatikan agar makanan kita tidak terkontaminasi oleh jenis kotoran dan bakteri bibit penyakit.

·       Jangan Biarkan Kuku Memanjang
daripada repot-repot harus memelihara kuku sekaligus memelihara bibit penyakit, alangkah baiknya jika teman-teman memotong kuku sependek mungkin. Hal ini selain baik untuk kesehatan dapat menjadi ibadah karena dengan kuku yang pendek maka air wudhu dapat menjangkau bagian terdalam dari ujung jari tangan. Ingat niatnya untuk ibadah. Hal ini juga merupakan sunnah dari manusia mulia suri tauladan Rasulullah SAW.

·       Gunakan Handsanitizer
Saat ini sudah diseiakan handsanitizer, sangat cocok digunakan untuk mahasiswa yang sibuk dan tidak sempat bolak-balik mencari air untuk membasuh tangan. Gunakan saja handsanitizer, harganya cukup terjangkau sekita Rp. 5000-an. Cara ini akan membuat anda lebih protektif terhadap kebersihan tangan karena penggunaannya simple.

·       Batasi Kontak Tangan Dengan Sumber Kontaminan
Dalam kondisi tertentu yang umum terjadi tangan biasanya sering terkontak dengan benda-benda yang mengandung banyak jenis bakteri atau kuman terutama di tempat umum. Misalnya saat anda naik tangga lantas memegang pembatas besi di tepian tangga. Tidak dapat di sangkal kemungkinan besi mengandung bakteri karat yang dapat merugikan anda.

·       Pastikan Kebersihan Barang Pribadi
Beberapa barang priadi yang sangat sering di gunakan harus di pastikan bersih seperti pulpen, buku, handphone dan gadget, laptop, tas, kunic motor & mobil, dan barang lainnya. Jika barang pribadi banyak mengandung kotoran maka anda haus waspada karena pasti anda sering kontak dengan barang itu. Olehnya perlu perhatikan kebersihan barang pribadi tersebut.

·       Memilih Bangku Yang Bersih
Untuk pelajar baik siswa maupun mahasiswa, bangku dapat menajdi sumber kontaminasi untuk tangan. Maka dari itu, dianjurkan hanya memilih bangku yang bersih dan bebas debu secar organolepti menurut pengamatan mata.

·       Jangan Melap Keringat Dengan Tangan
Sejatinya tangan memang dapat digunakan untuk melap keringat, tetapi kebiasaan ini kurang baik dari segi medis. Selain merugikan untuk kebersihan tangan juga kurang baik untuk organ tertentu seperti wajah. Jika wajah berkeringat di lap dengan tangan, maka dapat timbul masalah wajah yang bersumber dari bakteri atau kotoran tangan.
Beberapa Tip Menjaga Kebersihan Tangan Untuk Mahasiswa & Siswi Beberapa Tip Menjaga Kebersihan Tangan Untuk Mahasiswa & Siswi Reviewed by Unknown on 05.52 Rating: 5

Tidak ada komentar