Ads Top

Supaya Kamu Disiplin Mengerjakan Tugas



Tugas adalah semua perintah guru atau dosen yang diberikan kepada siswa dan mahasiswa. Tugas mengambil sekian persen dalam kalkulasi nilai akhir, itulah mengapa tugas harus diperhatikan dan dikerjakan serta dikumpulkan tepat waktu. Beberapa tips supaya disiplin mengerjakan tugas dilakukan menurut beberapa tip berikut ini : 


·       Hindari kebiasaan menunda mulai dari sekarang
Seorang yang suka meunda-nunda pekerjaan tugas akan mengalami depresi karena tugas bisa menumpuk dan ia akan mulai kebingungan yang mana harus dislesaikan. Jika jadwal semua tugas bersamaan, maka iaa mulai menyesali tidak mengerjakannya di waktu luang. Maka jangan menjadi seorang prokrastinator yang terbiasa menunda pekerjaan.

·       Hindari sifat malas
Jika anda termasuk orang yang agak malas mengerjakan tugas ada cara unuk menekan sifat ini :
1)   Berkumpul dengan teman untuk mengerjakan tugas secara berkelompok. Meski kerjanya sendiri-sendiri, suasana ramai dan ceria bersama teman akan menghindarkan kejenuhan dalam mengerjakan tugas.
2)   Paksa diri sendiri untuk mengerjakan tugas, cara ini memang berat namun dengan konsistensi maka kerja keras anda akan terlihat.
3)   Mencari kondisi yang membuat mood anda lebih baik untuk mengerjakan tugas, misalnya anda sukak etenangan saat erja tugas, kunjungi taman belakang rumah dan ambil meja, kerja tugas sambil menikmati angin sepoi-sepoi.
·       Minta motivasi teman
Bergaullah bersama teman yang rajin, maka anda juga akan ikut tersugesti menjadi orang yang rajin. Seseorang yang sering bersama cenderung memiliki hobi dan kebiasaan yang saling menyesuaikan. Jiak teman anda rajin anda kan ikut rajin. Jika anda mengalami kendala mengerjakan tugas minimal mereka akan membantu anda.

Pengalaman adik saya memiliki seorang teman, saat semester satu di kelas X temannya peringkat 10 terbawah. Saat temanyya duduk bersama dengan adik saya itu dia semester berikutnya malahan masuk 10 besar. Ini adalah bukti teman yang baik akan memberikan kebaikan kepada kita.

·       Buat alarm pengerjaan tugas yang terjadwal


Ingat hidup bukan untk mengerjakan tugas sekolah saja. Makanya luangkan waktu khusus untuk kerja tugas. Dengan begitu anda tahu kapan harus beribadah lainnya dan kapan harus kerja tugas. Upayakan anda tidak melanggar aturan ini. Buatlah papan pengumuman di kamar atau tempat yang paling sering di lihat di rumah anda, gunakan sticky notes atau alarm hp.

·       Pahami kerja PR sebagai ibadah
Tahu kan PR adalah perintah orang tua atau guru, melaksanakan perintah berarti naak yang berbakti. Makanya jangan menyelesiakan tugas sekadarnya. Anggap itu sebagai ibadah dengan niat meraih keridhoan Tuhan. Jangan lupa basmalah sebelum mnegerjakan tugas yah.

·       Libatkan orang tua
Saat orang tua dalam kondisi luang, maka cari cara kreatif untuk melibatkan orang tua dalam menyelesaikan PR. Jika tidak, minta kakakmu yang menemani dengan begitu anda akan merasa termotivasi karena energi positif yang diberikan oleh motivasi keluarga.

·       Kembangkan kebiasaan yang memotivasi
Beberpaa hal yang dapat membuat anda konsentrasi maksimal saat mengerjakan tuga dapat di lakukan. Misalnya anda tipe orang yang senang kerja tugas sambil dengar alunan alQur’an maka lakukan ini. Atau kerja tugas sambil ada camilan maka tidak salah melakukan ini. Asal  anda merasa lebih baik dengan melakukan ini.

Hanya itu yang dapat di sharing informasi saat ini, beberapa teman mungkin punya informasi tambahan yang relevan. Atau masukan yang dapat menambah khazanah informasi artikel di atas. Silahkan berkomentar di kolom komentar saudara. Terimah kasih by admin.
Supaya Kamu Disiplin Mengerjakan Tugas Supaya Kamu Disiplin Mengerjakan Tugas Reviewed by Unknown on 00.31 Rating: 5

Tidak ada komentar