Ads Top

Cara Mahasiswa Mengurangi Panas Dalam Kamar Kos



Panas dalam kamar kos bukanlah rahasia lagi karena kondisi ini umum dialami oleh kalangan mahasiswa. Selain karena kos dengan fasilitas Air Conditioner atau AC yang jarang juga karena memang cuaca yang dalam musim kemarau serta pemanasan global yang kian parah. Untuk mengurangi panas dalam kamar kos mahasiswa dapat melakukan beberapa trik berikut ini : 


·       Menggunakan kipas angin
Gunakan kipas angin untuk memperbaiki sirkulasi udaa dalam kamar kos. Caranya dengan menggunakan interval paparan/putaran kipas terkecil agar tidak merusak mata/membuat mata kering.

·       Memperbanyak ventilasi udara
Panas dalam kamar menandakan jumlah molekul oksigen sangat minim. Untuk itu trik dapat dilakukan dengan memperbanyak ventilasi udara agar kuantitas molekul oksigen di dalam kamar bertambah, udara pun menjadi lebih sejuk.

·       Memelihara tanaman
Mengurangi panas kamar kos dapat dilakukan dengan memperbanyak jumlah oksigen di dalam kamar. Cara dapat dilakukan dengan memelihara tanaman. Tanaman akan berfotosintesis secara kontinyu di dalam kamar menurut reaksi berikut :

6 CO2 + 6 H2O + klorofil + cahaya matahari >>> C6H12O6 + 6O2 + energi

·       Nah kamu lihat kan hasil reaksi fotosintesis di atas. Dihasilkan 18 molekul oksigen dalam sekali reaksi. Kamu bayangkan jika daun tanaman bereaksi 1000 kali maka jumlah molekul oksigen dihasilkan 18.000 molekul. Bukankah jika ini berlangsung seharian kamar akan kaya kandungan molekul oksigen? Jawabannya iya kan.

·       Pilih tanaman denganhabitus yang kecil dan bersifat adaptif jika dipelihara dalam pot. Misalnya lidah mertua, lidah buaya, tanaman herba, kaktus mini, dan lainnya.

·       Pakai es batu
Anda dapat menggunakan es batu untuk mengurangi jumlah panas dalam kamar kos. Es batu akan mencair dan pelan-pelan akan menguap. Proses penguapan merupakan reaksi antara kalor dan uap air es batu, dengan ini maka panas kamar akan berkurang.

·       Pakai air
Opsi lain dengan menggunakan air yang disiramkan langsung di lantai kos caranya siramkan di daerah yang aman dari jangkauan kaki atau benda lain di kamar. Prinsipnya menggunakan reaksi penguapan untuk memperbanyak molekul air dan oksigen di dalam udara kamar sehingga mengurangi efek panas.

Hanya itu cara mengurangi panas kos yang dapat saya share kali ini, semoga bermanfaat. Oh yah tidak lupa, jika ada teman teman yang ingin menambahkan isi artikel silahkan, saya sangat berterimah kasih jika teman-teman mau membantu.
Cara Mahasiswa Mengurangi Panas Dalam Kamar Kos Cara Mahasiswa Mengurangi Panas Dalam Kamar Kos Reviewed by Unknown on 02.35 Rating: 5

Tidak ada komentar