Ads Top

Cara Mengurangi Bau Tidak Sedap Di Dalam Kamar Kos

Bau tidak sedap tentu tidak disukai oleh orang-orang terutama mahasiswa. Bagi mahasiswa kamar yang harum dan bersih adalah dambaan. Tetapi umum ditemui kamar kos berbau tidak sedap seperti bau apek. Maka perlu dilakukan bebrapa langkah praktis untuk menghindari bau yang tidak sedap di dalam kamar.

·       Kenali sumber bau
Beberapa sumber bau di dalam kamar kos mahasiswa
1)   Tempat tidur bantal, kasur.
2)   Bekas makan misalnya piring atau gelas, dan sisa makanan dapat mengalami penguraian oleh bakteri dan menghasilkan gas yang berbau tidak sedap.
3)   Debu dalam kamar
4)   Pakaian yang sudah di pakai
5)   Dari penghuni kos

Jika sumber bau sudah teridentifikasi, maka lakukan usaha membersihkan, misalnya menjemur bantal dan kasur, membersihkan bekas makanan, mandi bagi penghuni kos, membersihkan debu, mengepel lantai kamar, dan mencuci pakaian.

·       Memperbaiki Ventilasi Kamar Kos
Bau dapat terus berada di dalam molekul udara dan tetap diam di dalam kamar jika ventlasi udara kamar dalam kondisi yang kurang baik.

Supaya sirkulai udara baik dan molekul bau tadi keluar maka berikan celah dengan membuka jendela kamar, membuat ventilasi tambahan. Kalau perlu buka pintu kamar.

·       Rajin Membersihkan Kamar
Bersihkan kamar secara rutin baik dengan tindakan ringan seperti menyapu dan tindakan lebih lanjut seperti mengepel.

·       Jangan Menumpuk Pakaian Di Dalam Kamar
Usahakan rajin mencuci pakaian dan jangan menumpuk pakaian bekas di dalam kamar tetapi simpan di tempat atau ruangan pencucian. Jika pakaian di tumpuk selain saran bakteri yang meghasilkan bau tidak sedap, juga menjadi tempat berkumpulnya populasi nyamuk.

·       Gunakan Pewangi Ruangan
Menggunakan pewangi ruangan seperti baik pewangi semprot maupun pewangi alami dapat dilakukan. Pewangi ini cukup efektif mendominasi wangi kamar dan mengurangi bau tidak sedap.

·       Memelihara Tumbuhan Hiperakumulator
Beberapa tumbuhan bersifat remediatif untuk mengurangi polusi dan bau tidak sedap di dalam kamar seperti tanaman lidah mertua Senseviera trivasciata, dapat menyerap >400 jenis molekul berbahaya. Selain mengurangi bau juga membersihkan udara di dalam kamar kos.

·       Bersihkan Kamar Dari Sarang Laba-Laba
Sarang laba-laba dapat menjadi tempat perkumpulan debu yang melekat dan tempat hingap nyamuk olehnya gunakan sapu untuk menghilangkan sarang laba-laba di dalam kamar.

demikianlah beberapa cara praktis yang dapat di berikan. jika teman teman memiliki ide kreatif lainnya, sudlah kiranya untuk menyumbangkan ide agar artikel ini lebih informatif dan bermanfaat. silahkan coret di kolom komentar untuk menyumbangkan idenya. terimah kasih by admin
Cara Mengurangi Bau Tidak Sedap Di Dalam Kamar Kos Cara Mengurangi Bau Tidak Sedap Di Dalam Kamar Kos Reviewed by Unknown on 01.39 Rating: 5

Tidak ada komentar