Ads Top

Cepat & Cerdas Belajar Matematikan ‘Penjumlahan’



Matematika dikenal sebagai ratunya ilmu, entah siapa rajanya yang jelas matematika adalah ilmu yang sangat penting. Dalam sekolah tingkat dasar materi awal yang diberikan oleh bapak guru dan ibu guru tercinta diantaranya adalah materi penjumlahan bilangan.


Artikel ini di buat sebagai bahan review untuk guru dan orang tua yang akan mengajarkan anak-anak dengan materi matematika, dalam hal ini penjumlahan bilangan. Tidak bermaksud menggurui tetapi sharing informasi yang bermanfaat adalah kebiasaan baik menunjukkan jiwa dengan pribadi yang positif, semoga bernilai ibadah disisi-Nya.

Menggunakan alat yang menarik
Biasanya belajar dipengaruhi oleh mood seseorang. Buktinya anda pasti tidak dapat belajar dalam kondisi marah-marah, sebaliknya dalam kondisi mood lagi enak akan lebih mudah konsentrasi belajar. Nah untuk menarik minat mood yang lebih besar, gunakan alat yang menarik perhatian misalnya gambar atau benda kesukaan. Contohnya bola pingpon.

Kondisi lain anda dapat menggunakan jari tangan karena akan membantu otak menjadi lebih fokus, sehingga konsentrasi anda pun akan maksimal.

Patokan menggunakan angka besar
Jika anda diberi pertanyaan yang mana lebih mudah diselesaikan :
·       9 + 1 ?
·       1 + 9 ?
Menurut saya kebanyakan akan menjawab 9 + 1 yang lebih mudah. Mengapa demikian karena berpatokan pada angka yang besar akan memudahkan masalah.

Misalnya menggunakan jari, naikkan 9 jari dan tambah satu jari maka akan di peroleh 10 jari. Jika anda menggunakan 1 jari sebagai titik star maka waktu penyelesaian lebih lama.

Menggunakan metode penjumlahan yang tepat dan memudahkan
Terinspirasi dari tulisan seorang blogger lainnya, cepat dan cerdas menyelesaikan soal matematika penjumlahan dapat dilakukan dengan menerapkan metode penjumlahan dengan tepat :
·       Cara kompensasi
Cara kompensasi diartikan sebagai cara penjumlahan dengan mennukarkan. Contohnya nih
29 + 7 =? Diganti dengan 30 + 7 = 37
Selanjutnya hasil yang diperoleh di kurangi 1 untuk mengganti angka pinjaman 19 menjadi 20. Hasilnya menjadi 36.
·       Cari dulu angka 10
Misalnya soal 9 + 7 = ?
Bulatkan dulu 9 ke angka 10 sehingga menjadi  9 + 1 + 6 = 16
·       Menggandakan
Apabila soal memungkinkan, maka gandakan angka kemudian diperbaiki. Contoh soal : 15 + 17 = ?
Dengan menggandakan angka 15 maka diperoleh :
15 + 15 + 2 = 32


Cepat & Cerdas Belajar Matematikan ‘Penjumlahan’ Cepat & Cerdas Belajar Matematikan ‘Penjumlahan’ Reviewed by Unknown on 17.46 Rating: 5

Tidak ada komentar