Ads Top

Cara Mahasiswa Menghemat Energi Mencuci Jika Cucian Menumpuk

Sudah menjadi hal biasa jika cucian menumpuk apalagi mahasiswa biasanya memperingati  hari minggu sebagai hari mencuci (tidak semua juga sih, like me). Nah jika cucian sudah menumpuk maka pemikiran yang mucul biasanya malas dan harus mengorbankan sekian banyak kilokalori energi kita untuk membersihkannya. Betul kita harus mengorbankan energi tetapi ada cara cerdas bagaimana teman-teman menggunakan energi sedikit dengan cucian yang banyak.


·       Pilih Sabun Yang Daya Membersihkannya Kuat
Beberapa sabun memiliki kemampuan untuk membersihkan sangat kuat misalnya menurut iklan katanya suatu merek sabun membersihkan dengan kekuatan 12 tangan (saya lupa mereknya, hehe) maka teman-teman bisa lebih hemat energi untuk mencuci karena sabun yang digunakan daya bersihnya kuat.

·       Rendam Cucian
Jangan tergesa-gesa membasahi pakaian kemudian melarutkan sabun dan menyikat pakaian dengan sabun itu. Meski tidak salah juga tetapi energi untuk aktivitas ini akan terkuras nyaris habis. Maka siasati dengan merendam dulu cucian, ingat kan di pelajaran kimia sabun mengandung kutub polar dan nonpolar, nah kedua bagian ini kaan mengikat jenis kotoran minyak maupun bahan organik lain di pakaian.

Biarkan sabun membersihkan pakaian anda sementara anda dapat mempersiapkan diri untuk membersihkan lebih lanjut. Cara ini lebih mudah kan.
·       Jangan Lupa Klasifikasi Pakaian
Klasifikasi diartikan sebagai pemisahan atau pengelompokan pakaian menurut indikator tertentu seperti warna atau mudah susahnya untuk dicuci. Beberapa pakaian dipisah misalnya yang berwarna luntur dan tidak luntur. Perhatikan hal ini, jika tidak akan berakibat fatal.

·       Gunakan Cara Mencuci Yang Tepat
Beberapa cara mencuci dapat sangat membantu untuk menghemat energi, misalnya penggunaan mesin cuci akan lebih menggunakan energi yang sedikit. Tetapi umumnya mahasiswa tidak memiliki fasilitas ini. Maka cara yang tersisa adalah mengucek dan menyikat.

Untu mahasiswa yang menggunakan pakaian kan biasanya satu hari saja, dan itu hanyalah aktivitas ringan saja. Jika kondisi ini dominan, maka sebaiknya gunakan saja cara mengucek karena ini terkesan lebih mudah.

Cara menyikat pakaian juga tidak salah tetapi ini lebih dikondisikan untuk pakaian yang digunakan untuk aktivitas berat seperti aktivitas penelitian lapangan, training yang digunakan untuk olahraga & jogging.

·       Nikmati aktivitas mencuci
Menikmati aktivitas mencuci artinya anda rileks dan menyukainya. Dengan kondisi ini anda tidak terbebani maka energi yang dibutuhkan akan lebih hemat. Banyak cara untuk mendukung kondisi ini. Misalnya mendengarkan musik motivasi yang ceria, mendengarkan al-qur’an MP3, dan mencuci dalam keadaan ramai-ramai sambil bercerita dengan teman-teman.

·       Memahami Aktivitas Mencuci Sebagai Ibadah
Tahu kan Tuhan itu maha bersih dan menyukai kebersihan, jenis pakaian yang dicuci juga untuk digunakan dalam ibadah. Maka jangan lupa perbaiki niat untuk mencuci dalam rangka meraih keridhoan Tuhan. Jika cara ini dilakukan anda akan lebih beruntung, pakaian bersih dapat amal pula, iya kan.

·       Berdoa
Seberat apapun suatu pekerjaan jika Tuhan menghedakinya selesai dengan mudah maka itu pasti akan selesai dengan mudah. Makanya jangan lupa untuk berdoa sebelum mencuci agar cepat selesai dan hasilnya maksmal bersih. Jika sudah berdoa selebihnya untuk anda berusaha mencuci dengan baik.

Demikianlah artikel ini dijelaskan. Saya sangat berterimah kasih jika teman-teman mau berpartisipasi menyempurnakan artikel ini dengan memberikan komentar dan masukan di kolom komentar. Jika dirasa bermanfaat dapat dibagikan untuk teman-teman yang lainnya. Terimah kasih. Salam admin.
Cara Mahasiswa Menghemat Energi Mencuci Jika Cucian Menumpuk Cara Mahasiswa Menghemat Energi Mencuci Jika Cucian Menumpuk Reviewed by Unknown on 06.45 Rating: 5

Tidak ada komentar