Ads Top

Bagaimana Mahasiswa Menghadapi Dosen Killer

Mohon maaf dosen killer menurut saya adalah dosen yang menurut mahasiswa sangat detail dalam memberikan nilai sampai-sampai tidak memaafkan keslaahan sedikit pun.
Dosen ini tidak menutup kemungkinan ada dalam lingkungan akademik saudara mahasiswa. Lantas bagaimana menghadapi dosen demikian? Beberapa tipsnya sudah dituliskan dalam artikel berikut :


·       Ikuti kemauan dosen
Mengikuti kemauan dosen teteapi hanya yang masuk akal saja. Jangan membantah perkataan dosen ini karena dapat memberikan citra negatif diri anda kecuali jika anda memang memiliki alasan yang dapat diterima secara logis.

·       Mengerjakan tugas dan ikut dalam kegiatan wajib
Ingat dosen ini sangat perfeksionis makanya jangan pernah melewatkan satupun tugas yang diberikannya padamu, kerjakan dan usahakan disiplin dalam mengumpulkan tugas.

Beberapa kegiatan wajib maakuliah juga jangan sampai terlewat, seperti praktik lapang, praktikum laboratorium, dan sebagainya.

·       Menjaga silaturrahim & sopan santun
Ingat yah betapapun seseorang dosen dan guru bertindak mereka adalah orang tua yang harus dihormati. Ini adalah prinsip, jangan pernah bertindak ceroboh apalagi mempermalukan mereka.
Minimal bertemu mengucapkan salam, dan bersikap sopan dan normal kepada dosen dan guru kita.

·       Serius dalam mengikuti materi
Jangan bermain-main dan jangan coba-coba melakukannya saat dosen dalam keadaan serius. Bisa-bisa kamu get out dari kelas. Caranya duduklah di bagian depan untuk menghindari berbagai macam pengalih perhatian, duduk di dekat orang yang serius.

·       Jangan lupa bawa buku dan catatan
Ini cukup penting dan menjadi hal yang  prioritas. Pengalaman seorang dosen menuntut caatan lengkap rapi dan bersih sampai-sampai pernah dilakukan penggerebekan buku dan catatan yang tidak lengkap harus keluar. Dan hasilnya beberapa teman harus keluar dari kelas.

·       Usahakan aktif di kelas
Jangan lewatkan kesempatan bercuap-cuap saat presentasi atau di beri pertanyaan dosen. Kesempatan ini dapat menjadi nilai plus yang dapat mendongkrak posisimu di mata dosen. Kemukakan pendapat logis dan dapat dipertanggung jawabkan.

·       Perlihatkan ketertarikan
Dosen atau guru akan merasa sangat di hargai jika anda memperlihatkan sikap tertarik pada materi yang disampaikannya. Maka berikan beberapa statement yang menunjukkan anda tertarik dengan materi yang disampaikannya. Misalnya materi selanjutnya mengenai tanaman obat. Carilah beberapa referensi yang emmbahas tanaman obat kemudian tulis beberapa hal yang dapat membuat anda tertari dan patut di pertanyakan. Komunikasikan hal ini dengan dosen mengenai jawaban-jawaban pertanyaan anda. bukan mencari muka tetapi menambah ilmu, lebih tepat dilakukan jika dosen dalam keadaan rileks di ruang mejanya.

·       Perhatikan kebersihan dan kerapian
Biasanya orang lebih empati kepada orang lain yang bersih dan rapi. Karena itu jaga penampilanmu yang rapi, usahakan aroma tubuhmu juga mendukung. Minimal pakaian bersih dan masih berbau wangi parfum.

Demikianlah beberapa coretan artikel mengenai bagaimana menghadapi dosen dan guru.  Saya berharap penyempurnaan artikel ini. Partisipasi teman-teman sangat dibutuhkan, silahkan memberikan masukan dan komentarnya di kolom komentar di bawah ini. Terimah kasih.
Bagaimana Mahasiswa Menghadapi Dosen Killer  Bagaimana Mahasiswa Menghadapi Dosen Killer Reviewed by Unknown on 22.06 Rating: 5

Tidak ada komentar