Ads Top

Tentang Beasiswa BIDIKMISI dari Ditjen DIKTI

Beasiswa BIDIKMISIadalah fasilitas bantuan pendidikan bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu, dan memiliki potensi yang baik dibidang akademik serta berprestasi.

Penyelenggaraan beasiswa BIDIKMISI mulai dilakukan pada tahun 2011 dan berlanjut terus sampai sekarang. Program beasiswa ini juga semakin memberikan fasilitas rekruitmen yang baik dari tahun-tahun sebelumnya agar program ini berjalan sesuai dengan sasaran tujuan.


Beasiswa BIDIKMISI diberikan oleh negara melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen DIKTI) . penyaluran beasiswa BIDIKMISI di lakukan melalui beberapa jalur berikut :
·       Jalur SNMPTN
·       SBMPTN
·       PMDK-PN
·       BIDIKMISIjalur mandiri PTN
·       BIDIKMISIjalur mandiri PTS
·       BIDIKMISI UT
·       BIDIKMISI ISI

Secara historis, melihat jumlah penerima beasiswa ini sangatlah menakjubkan, tercatat tahun 2011 jumlah penerima sebanyak 30.000 mahasiswa dari 117 PTN diseluruh RI. Dan tahun 2012 bertambah menjadi 42.000 dimana 2000 diantaranya merupakan mahasiswa dari perguruan tinggi swasta.tahun berikutnya 2013, penerima tercatat sebanyak 61.000 mahasiswa, dan tahun 2014 penerima sebanyak 63.070 mahasiswa.

Karena coveringnya besar dalam proses penerimaan, maka beasiswa BIDIKMISIsangat populer di kalangan mahasiswa S1 apalagi calon mahasiswa lulusan SMA akan tertarik mendaftar jika sesuai dengan ketentuan dan persyaratan.

Fasilitas BIDIKMISI
Berbicara mengenai fasilitas yang diterima oleh penerima beasiswa BIDIKMISIsangat super yah, karena selain biaya hidup dan uang kuliah mereka juga diberikan fasilitas pembinaan baik itu leadership maupun pembinaan kepribadian. Kalau berbicara masalah uang, informasi setahu saya setiap penerima akan mendapatkan uang Rp.6.000.000,- per semesternya. Uang itu akan dikurangi dengan uang SPP, dan keperluan jelas lain.

Catat Jadwal pendaftaran beasiswa bidikmisi
Terutama untuk siswa SMA mulai mempersiapkan diri bersaing menerima beasiswa BIDIKMISI ini, penting mengetahui Jadwal pendaftaran beasiswa BIDIKMISI. Pendaftaran ini tergantung kepada jalur yang tersebut diatas. Secara umum, mungkin keterangan ini mengenai waktu pendaftaran menurut pengalaman yang terjadi maka diperkirakan waktu pendaftaran menurut jalurnya sebagai berikut :

·       Pendaftaran sekolah biasanya berlangsung pada bulan februari sampai dengan bulan september
·       Pendaftaran siswa juga biasanya dibuka dari bulan februari sampai dengan september
·       Jalur SNMPTN biasanya dari bulan februari sampai maret
·       SBMPTN biasanya april-mei
·       PMDK-PN biasanya dari februari sampai dengan mei
·       BIDIKMISI jalur mandiri PTN pada februari-september
·       BIDIKMISI jalur mandiri PTS biasanya april-september
Tentang Beasiswa BIDIKMISI dari Ditjen DIKTI Tentang Beasiswa BIDIKMISI dari Ditjen DIKTI Reviewed by Unknown on 07.43 Rating: 5

Tidak ada komentar